Denpasar, Aktual.com – 

Cara berbeda dilakukan oleh penghuni Lapas Klas IIA Kerobokan Denpasar, Bali, untuk memperingati hari Kartini. Mereka menampilkan drama kolosal untuk memperingati ikon perempuan emansipasi tersebut.

‎’Cermin Kartini’ adalah judul drama kolosal yang mereka bawakan. Drama tersebut menggambarkan situasi Lapas Kerobokan yang dihuni oleh kaum perempuan. Hampir saban hari mereka melakukan kegiatan bersih-bersih dan senam. Tak hanya itu, dalam drama itu juga menampilkan berbagai hasil kreasi perempuan penghuni lapas terbesar di Bali itu.

Baca Juga :  Rumah Zakat Kirimkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Kebon Melati

‎Kepala Lapas Kelas IIA Kerobokan Denpasar, Setyo Pratiwi mengakui jika drama kolosal ini untuk memperingati hari Kartini. Menurut dia, antusiasme warga binaannya begitu tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan tahunan tersebut. “Antusiasme warga binaan begitu tinggi untuk mengikuti acara ini,” katanya, Jumat (21/4).

‎Ia berharap kelak begitu menghirup udara bebas masyarakat kembali dapat menerima warga binaannya seperti biasa. Bagi dia, stigma terhadap perempuan masih begitu kental di masyarakat. Banyak pihak yang melihat sinis terhadap perempuan eks narapidana.

Baca Juga :  Polisi Korea Selatan Larang Demo Penentang Pemerintah

“Padahal mereka juga memiliki kemampuan sama dengan perempuan lain di luar lapas. Semoga stigma itu terus terkikis dan tak ada lagi gap atau stigma terhadap mereka. Semoga mereka bisa kuat dan tangguh seperti Kartini,” tutupnya.

 

Laporan Bobby Andalan

(Zaenal Arifin)