Ketua KPU Arif Budiman meninjau hari pertama pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu Presiden 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu (4/8). Hari pertama pendaftaran capres dan cawapres pemilu presiden 2019 masih sepi. Pendaftaran berlangsung dari tanggal 4 hingga 10 Agustus 2018 mendatang. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Pengamat pasar modal Rudy Utomo menilai bahwa respon investor terhadap nama-nama calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2019 cukup positif bagi industri pasar modal.

“Pasangan Jokowi yakni Ma`ruf Amin, sementara Prabowo dengan Sandiaga Uno cukup dikenal di industri pasar modal, jadi pasar responnya relatif positif,” ujar Rudi Utomo yang juga Direktur Utama Evergreen Sekuritas di Jakarta, Jumat (10/8).

Ia menjelaskan, pada 2011 lalu Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa mengenai jual beli saham di pasar modal, tertulis dalam Fatwa DSN Nomor 80/DSN-MUI/III/2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah Dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek.

“Kabarnya, Ma`ruf Amin merupakan salah satu yang merumuskan fatwa itu. Jadi, dia tentu paham dengan pasar modal,” katanya.

(Andy Abdul Hamid)