Jakarta, Aktual.com – Khatib Sholat Idul Adha 1439 Hijriyah, Uztadz Hendi Kurniah mengatakan belajar dari kehidupan Nabi Ibrahim alaihissalam dan keluarganya, paling tidak ada empat prinsip hidup yang harus diwujudkan umat Islam dalam kehidupan secara pribadi, keluarga , bermasyarakat dan berbangsa.

“Dalam kehidupan ini, ada banyak sekali prinsip hidup yang harus dijalani dan dipegang teguh,” kata Uztadz Hendi Kurniah saat menjadi Khatib Sholat Idul Adha di Lapangan Merdeka Pangkalpinang, Rabu (22/8).

Ia mengatakan empat prinsip hidup yang harus dipegang teguh dari kehidupan Nabi Ibrahim dan keluarganya yaitu berdoa kepada Allah Subhanahu Ta’ala merupakan salah satu yang amat penting dalam kehidupan manusia.

“Berdoa bukan hanya menunjukkan kita merendahkan diri kepada Allah SWT, tetapi memang kita merasakan betul-beul memerlukan bantuan dan pertolongan-Nya. Diantara doa Nabi Ibrahim adalah agar negeri yang ditempati dan keluarganya dalam keadaan aman, memberikan rezeki yang cukup,” ujarnya.

Menurut dia dalam konteks kehidupan negara yang mengalami krisis ini, maka sudah seharusnya kita berdoa untuk kebaikan negeri ini, agar menjadi negeri yang aman dan para pemimpin diberikan petunjuk serta menerima petunjuk yang benar.

(Andy Abdul Hamid)