Jakarta, Aktual.com-Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo menerima penghargaan Bidang Budaya dari Kementerian Kebudayaan Mesir, melalui keterangan pers dari KBRI Kairo yang diterima di Jakarta, Senin (19/6).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Duta Besar RI untuk Mesir, Helmy Fauzy dari Direktur Hubungan Kebudayaan Luar Negeri Kementerian Kebudayaan Mesir, Ayman Abdel Hady.

Penghargaan diberikan sebagai wujud apresiasi atas partisipasi aktif Indonesia dalam berbagai pagelaran budaya yang diadakan di Mesir.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Mesir. Ini merupakan bukti betapa eratnya hubungan persahabatan kedua negara selama 70 tahun pelaksanaan hubungan bilateral,” sebut Duta Besar Helmy Fauzy.

Indonesia sendiri sebagai satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang menerima penghargaan pada acara bertajuk “Bridging Cultures, Inspiring Creativity and Serving Community”.

Selain Indonesia, sejumlah negara, seperti Uni Emirat Arab, China, Pakistan, Sudan, India, dan Argentina juga menerima penghargaan atas upaya mereka dalam memajukan hubungan kebudayaan dengan Mesir.

Selama 70 tahun penyelenggaraan hubungan persahabatan antara kedua negara, kebudayaan Indonesia telah mengakar di kalangan Masyarakat Mesir sendiri.

Penampilan seni musik dan tari yang dibawakan oleh mahasiswa dan pelajar Indonesia nyaris tak pernah absen dari berbagai pagelaran budaya, baik yang diselenggarakan oleh Masyarakat Mesir, maupun dalam berbagai ajang promosi budaya yang digelar oleh KBRI Kairo.

Budaya Indonesia juga sering ditampilkan dalam berbagai tayangan kebudayaan di stasiun televisi Mesir. bahkan para seniman dan budayawan Indonesia sering diundang untuk berpartisipasi pada setiap festival seni yang digelar di Mesir.

Disisi lain animo Masyarakat Mesir untuk belajar kebudayaan Indonesia juga sangat tinggi. Hal tersebut nampak dari keberadaan ratusan Warga Mesir yang mengikuti kursus bahasa, tari, dan seni bela diri Indonesia di Pusat Kebudayaan Indonesia di Kairo. (ANT)

(Dedy Kusnaedi)
BAGIKAN