Menpora Imam Nahrawi memberikan keterangan ketika mengumumkan pencabutan sanksi administratif kepada PSSI di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (11/5). Menpora akhirnya mencabut sanksi administratif kepada PSSI yang telah berjalan lebih dari setahun guna menghormati putusan Mahkamah Agung serta komitmen FIFA terhadap perubahan persepakbolaan Indonesia. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc/16.

Kuningan, Aktual.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, meminta Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk memasukkan seluruh atlet-atlet yang telah menerima surat keputusan pelatihan nasional dalam kontingen Asian Games 2018.

“Saya masih meminta laporan dari KOI, termasuk hasil undian pertandingan seperti apa dan daftar para peserta yang telah mendaftar Asian Games. Saya mendapatkan laporan tidak semua atlet yang telah menerima SK pelatnas masuk dalam kontingen,” kata Menpora Imam Nahrawi di sela-sela kunjungan Pelatihan Penggerak Senam dan Pertandingan Pencak Silat Wilayah III Jawa Barat di Kuningan, Selasa (10/7).

Menpora meminta KOI untuk mengakomodasi seluruh atlet yang telah menerima surat keputusan pelatnas dalam kontingen menyusul Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke-18.

Sebelumnya, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana mengatakan jumlah kontingen Indonesia dalam Asian Games 2018 sebanyak 1.250 orang.

“Kami mengistilahkan prakontingen yang telah masuk daftar SK adalah 837 atlet, 175 pelatih, 57 manajer dan pendukung, sehingga total kontingen sekitar 1.250. Sedangkan untuk SK kontingen nantinya KOI yang akan mengeluarkan SK nya,” kata Mulyana.

Mulyana mengatakan pertimbangan atlet pra-kontingen masuk dalam kontingen Indonesia berdasarkan sejumlah pertimbangan, seperti pengidentifikasian apakah atlet akan membidik prestasi atau sekedar mencari pengalaman.

“Karena dari 634 atlet nasional yang berpotensi merebut medali emas hanya sekitar 198 atlet dari pihak penilai,” kata Mulyana.

Sementara, Komandan Kontingen (Chef de Mission/CdM) Indonesia Komjen Pol. Syafruddin mengklaim telah mengakomodasi penambahan kuota atlet Merah-Putih dalam kontingen Asian Games.

“Semua sudah beres dan diselesaikan dalam dua hari. Jumlah kontingen sudah sesuai rencana dan tidak lebih,” kata Syafruddin selepas jumpa pers Asian Games 2018 di Jakarta, Jumat (6/7).

Wakil Kepala Kepolisian RI itu mengatakan jumlah total kontingen Indonesia dalam Asian Games ke-18 sekitar 1.200 orang dengan jumlah atlet sebanyak 8.000 orang.

 

Ant.

(Zaenal Arifin)