Jakarta, Aktual.com – Anggota Polda Metro Jaya membekuk seorang tersangka penipu yang menggelapkan uang berinisial RH alias Rahmat dengan modus berkedok sebagai sopir pribadi Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

“Penipu ini orang yang mengaku-ngaku dekat dengan Kapolri, sehingga dia memperdaya seseorang pengusaha IT yang menjadi korban, dan sudah ditangkap kemarin,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta, Selasa (9/10).

Awalnya, pemilik perusahaan IT berinisal AA, ujar Argo, ingin mendapatkan tender di kepolisian sehingga menghubungi seseorang bernama Heri.

Heri dengan bantuan dua orang lainnya yakni Ali dan Vera, yang ketiganya ikut dalam pemufakatan penipuan, kemudian mengenalkan pengusaha tersebut kepada RH atau Rahmat, yang menjanjikannya untuk bisa bertemu petinggi Badan Intelijen Negara dan Polri.

Pertemuan empat tersangka penipuan tersebut dengan korban berlangsung beberapa kali. Setelahnya, korban dan Rahmat bertatap muka langsung tanpa perantara Heri.

(Andy Abdul Hamid)