Jakarta, Aktual.com – Bila sedang melancong ke China, jangan lupa masukan tempat wisata Muslim di Kota Xi’an, Provinsi Shaanxi, ke dalam daftar kunjungan wisata anda karena daerah tersebut sangat menarik untuk dikunjungi terutama bagi kaum Muslim.

Kawasan wisata yang terletak di Jalan Pusat Budaya Muslim Bei-Yuan-Men itu merupakan jalan khusus bagi pejalan kaki yang melingkar sepanjang kurang lebih 1.100 meter.

Di sini, wisatawan dapat menikmakti kuliner yang seluruhnya dijamin halal dan disajikan baik di pinggir-pinggir jalan maupun di restoran-restoran dengan arsitektur bergaya zaman kejayaan Dinasti Ming dan Qing.

Sepanjang jalan tersebut, para pelancong dapat menikmati bagaimana pramusaji yang mengenakan busana Muslim dan Muslimah dengan gaya China yang khas mendemonstrasikan cara membuat makanan-makanan yang unik seperti gula-gula dan menyayat daging domba yang digantung di depan restoran mereka.

Menurut salah seorang warga China yang beberapa kali berkunjung ke tempat tujuan wisata yang dibangun antara masa Dinasti Ming dan Qing tersebut, Wen Boya, kawasan tersebut selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri terutama saat hari-hari libur.

“Pada hari libur nasional China seperti pada tanggal 1 Oktober, kawasan ini sangat padat oleh pengunjung baik tua maupun muda untuk menikmati suasana hari raya serta makanan dan minuman halal” kata Wen Boya kepada penulis, seraya menawarkan salah satu makanan khas di kawasan tersebut yang disebut kue ‘persimon’.

(Andy Abdul Hamid)