Jakarta, Aktual.com – Wudhu merupakan salah satu ibadah yang utama yang merupakan sarat sahnya sholat, banyak keutamaan dalam berwudhu, baik di dunia dan di akhirat. Para penjaga wudhu pun disejajarkan dengan para penghafal Al Quran.

Hal tersebut diketahui dari sebuah hadis ketika iblis ditanya tentang siapa musuh-musuhnya, Iblis menjawab salah satunya adalah orang yang melanggengkan wudhu.

Tentunya wudhu yang dimaksud adalah wudhu yang berkualitas sesuai dengan tata caranya yang telah di rumuskan dalam madzhab fiqh, tidak boros air, dan juga dilaksanakan secara sungguh-sungguh, khusu’ dan ikhlas.

Dalam sebuah hadist Rasululloh SAW. bersabda :

من توضأ فأحسن الوضؤ ثم رفع بصره إلى السماء ثم قال أشهد أن لآإله إلا الله وحده إلى آخره فتحت له ثمانية أبواب الجنة يدخل من ايها شاء ( رواه مسلم )

Artinya ”Barangsiapa berwudhu dan membaguskan wudhunya kemudian mengangkat pandangannya ke langit, kemudian berkata (yang artinya ) aku bersaksi bahwa sesungguhnya tiada tuhan selain Allah ..sampai akhir. Dibuka untuknya delapan pintu surga dan masuk dari mana yang dia inginkan ( HR. Muslim )”

(Andy Abdul Hamid)