HUT ke 60, ASTRA
HUT ke 60, ASTRA

Jakarta, Aktual.com – Setelah sukses menggelar acara di Jakarta dan Yogyakarta, PT Astra International Tbk menyambangi Kota Pelabuhan Balikpapan untuk meneruskan rantai roadshow perayaan HUT ke-60 Astra. Pelaksanaan HUT 60 Balikpapan sekaligus menjadi ajang perayaan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2017.

“Tema pendidikan sesuai dengan fokus Balikpapan, yakni mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Salah satunya, program Kampung Berseri Astra Karang Joang dan peresmian Rumah Pintar yang memberikan inspirasi bagi masyarakat Balikpapan,” ujar Walikota Balikpapan M. Rizal Effendi, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (19/5).

Rumah Pintar Astra Balikpapan menjadi Rumah Pintar ke-21 yang akan dibina oleh Astra. Sampai dengan tahun 2016, Astra telah memberikan beasiswa dan pelatihan kepada 3.045 orang siswa dan 1.088 orang guru.

“Astra sebagai perusahaan yang berkembang pesat di Indonesia turut mengambil andil memberi teladan, membangun semangat dan memberi dorongan untuk mengembangkan potensi-potensi pendidikan yang ada di pelosok Indonesia hingga menciptakan prestasi yang luar biasa. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra yaitu untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Direktur PT Astra International Tbk Gidion Hasan.

Tokoh pendidikan Prof. Yohannes Surya meyakini tidak ada anak yang bodoh di dunia ini. Melainkan, guru yang harus mengajar mereka dengan metoda yang benar. Guru bisa mentransformasi pendidikan Indonesia dengan hal sederhana seperti belajar berhitung.

“Misal, anak saya, setelah saya ajar berhitung selama 4 bulan, matematikanya bagus, tak lama kemudian IPA-nya pun bagus, baru setelah itu saya ajari bahasa dan IPS. Dia pun berhasil mempelajari materi untuk 6 tahun selama 1 tahun saja,” ujar Prof. Yohannes Surya.

Selain meresmikan Rumah Pintar, Astra juga memberikan apresiasi Astra Untuk Indonesia Cerdas (AUIC) kepada 7 tim yang merupakan pemenang utama dari masing-masing kategori lomba AUIC yang terdiri atas Inovasi Karya Guru, Inovasi SMK Bisa, Senyum Sapa PAUD Astra dan Rumah Pintar Astra. Tujuh tim ini dinilai sebagai guru dan sekolah dengan inovasi terbaik di Balikpapan.

(Ismed Eka Kusuma)