Jayapura, Aktual.com – Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) Yonif Para Raider 432/Kostrad memfasilitasi pelaksanaan pesantren kilat yang digelar di Masjid Fisabilillah, Kampung Sanggaria Arso I, Kabupaten Keerom, Papua.

Wakil Komandan (Wadan) Satgas Pamtas Yonif Para Raider 432/Kostrad Kapten Inf Alif Jibril, Senin (19/6), mengatakan, bulan puasa tinggal beberapa hari lagi diperlukan motivasi untuk mengisi kegiatan selama ibadah di tiap harinya. Salah satunya dengan menggelar pesantren kilat.

“Pesantren kilat ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, dalam rangkaian acara pembukaan ini pertama diisi dengan acara serimonial dan dilanjutkan tausiyah dari Habib Hadi Al Kaf dan juga melibatkan dari prajurit Satgas Pamtas 432 Kostrad dengan menampilkan satu seni Marawisan hingga acara berakhir,” katanya.

Disampaikan, pesantren kilat diarahkan kepada terwujudnya mental pemuda yang memiliki iman dan takwa serta dilandasi semangat kejuangan tinggi, dengan harapan kegiatan berjalan dengan lancar, meriah.

“Pesantren kilat ini ternyata menarik perhatian bagi masyarakat Arso dan menjadi sebuah tontonan yang langka karena di sesi acara ada marawisan yang dimainkan oleh prajurit TNI dan semua laki-laki dengan peralatan yang lengkap dan dikemas cukup bagus dalam penampilannya cukup menjadi kesan tersendiri bagi masyarakat dan tamu undangan,”kata Alif.

Alif menyampaikan seni Marawis yang ditampilkan oleh prajurit Yonif PR 432 adalah merupakan sebuah tim yang sudah terlatih yang sudah disiapkan dari batalyon di Makassar dalam kegiatan keagamaan.

“Semoga pemuda pemudi serta masyarakat di kampung ini tergugah dan mau memperdalam dibidang ilmu agamanya dan bila kami diminta bantuannya untuk sama berlatih Marawis dengan senang hati kami akan melatihnya sampai bisa,”katanya.

“Inilah salah satu bentuk upaya kami dengan berbagai cara dan kegiatan yang bisa membuat keberadaan kami di wilayah ini bisa selalu dekat dengan Masyarakat sehingga kita bisa bersama-sama menjaga keharmonisan ini tetap terjaga,”kata Alif lagi.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Fisabilillah, Arif menyampaikan banyak terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Para Raider 432/Kostrad.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas partisipasinya dalam mengisi kegiatan pembukaan pesantren kilat tersebut dan kami sebagai masyarakat Arso I merasa sangat senang melihat prajurit TNI dari Yonif 432/Kostrad bisa ikut berpartisipasi di acara ini, semoga ke depannya nanti bisa menjadi suatu kebiasaan dan contoh bagi masyarakat disini dan di kampung lain,” katanya. (ant)

(Soemitro)