Massa Front Pembela Islam (FPI) dan Front Pancasila berunjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (28/4). Mereka menolak rekonsiliasi, rehabilitasi dan kompensasi terhadap PKI serta menyerukan bahaya laten komunis. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/ama/16

Jakarta, Aktual.com – Mantan Kepala Bais TNI, Laksda TNI (purn) Soleman Ponto mengatakan bahwa isu komunisme Indonesia seperti jaman PKI memang tidak akan lagi bangkit secara organisasi seperti di tahun 1960-an.

Namun sebagai sebuah ideologi memang masih tetap ada sampai sekarang meski sudah bangkrut di mana-mana. Dirinya juga mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap bahaya laten komunis harus terus dipelihara.

“Harus diingat juga bahwa indikasi bangkitnya PKI sekarang ini lebih pada konteks orang-orangnya masih sama, kondisi lingkungan sekitarnya masih sama sehingga sangat mungkin itu bangkit kembali,” ujarnya, Jumat (12/1).

Dia memberikan contoh soal kasus Palu Arit di Banyuwangi yang sekarang sedang ramai dibicarakan. Isu komunis, lanjut, Soleman, sering kali muncul ke permukaan biasanya ketika ada momen momen politik seperti Pilkada ataupun Pilpres

“Ini bisa menjadi isu dalam pertarungan politik tapi bahwa dalam konteks hari ini isu lama seperti Nasakom (nasionalis, agama, komunis) akan selalu bertarung ya kembali lagi karena orang dan lingkungan masih sama sama,”ungkapnya.

 

(Andy Abdul Hamid)