Direktur Utama TransJakarta Budi Kaliwono

Jakarta, Aktual.com-Peresmian operasional Koridor 13 tertunda, lantaran Sertifikat Laik Fungsi (SLF) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih diproses oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta. Seperti dikatakan oleh Direktur Utama (Dirut) PT. Transjakarta, Budi Kaliwono.

Menurut Budi SLF sendiri dikeluarkan harus melalui pengkajian dan perijinan khusus dan hal ini yang masih diurus oleh Bina Marga.

“Ada satu dokumen yang harus diselesaikan segera yaitu dokumen, apa tadi itu ya? SL (maksudnya SLF) saya gak ngerti singkatnya apa, tapi itu intinya adalah pada saat mengoperasikan sebuah jembatan, kan ini kan di jembatan panjang ni, itu harus melalui pengkajian dan perijinan khusus. Ini yang lagi diurus oleh temen-temen Bina Marga. Pak Gub bilang kalau gak ada itu (SLF) ditunda ya. Kami sedang melakukan penjajakan itu semua,” kata Budi di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (19/6).

Baca Juga :  Disiplin dan Siap Disemprot Warga, Resiko Sang Penjaga Pintu Air

Budi menambahkan jika hanya uji coba masih bisa tanpa menggunakan SLF, tetapi kalau sudah dioperasikam harua menggunalam SLF.

“Kecuali uji coba, kalau uji coba boleh boleh aja, kayak sekarang kan kita ukur treknya semua,” jelas Budi.

Budi menambahkan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sendiri bersikeras untuk tidak mengoprasikan sebelum adanya SLF dan berharap agar proses SLF tidak berjalan lama.

Baca Juga :  Ini Hasil Pertemuan Ahok Dan Dubes Denmark

“Di TJ sendiri belum pasang yang namanya loket Third Style, yang taping masuk kemudian keluar. Itu bisa kita tanggulangi dengan cara pake mesin EDC misalnya. Mekanisme kita bisa dilayani lebih baik, tapi kalau perijinan ini? tadi Pak Gub berkeras tidak akan mengoprasikan sebelum itu (SLF), silakan tanya Pak Gub nanti, ” jelas Budi.

“Kita berharap sih gak lama, cuma kepotong libur lebaran jadi agak ketunda,” tambah Budi.

Baca Juga :  Kapolda Metro Klaim Pakai Pendekatan Persuasif Tangani Demo

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan untuk menunda operasional koridor 13, karena SLF dari PUPR masih belum turun.

“Saya ditanya soal koridor 13. Dia (Budi) menyampaikan masih bisa dilakukan, tapi saya menyampaikan saya bilang tidak. Jangan dulu kita tunda dulu. karena, setelah kami tanya kepada Dishub, SLF dari Kementerian PUPR masih belum turun. Sebelum ini aman, jabgan dulu. Sehingga, tanggal 22 jangan diresmikan dulu,” kata dia.

Pewarta : Gespy Kartikawati Amino

(Dedy Kusnaedi)
BAGIKAN