Bekasi, Aktual.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi, Jawa Barat memastikan posisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) setempat bukan pengusung pasangan bakal calon Rahmat Effendi-Tri Adhiyanto jelang Pilkada 2018.

“Di formulir model B tidak tercantum PDIP Kota Bekasi. Jadi statusnya hanya sebagai partai politik pendukung pasangan Rahmat Effendi-Tri Adhiyanto. Bukan pengusung,” kata Komisioner KPU Kota Bekasi Syafrudin di Bekasi, Jumat (12/1).

Hal itu dikemukakannya menyikapi simpang siur posisi PDIP Kota Bekasi dalam konstalasi politik jelang Pilkada Kota Bekasi Juli 2018.

Dikatakan Syafrudin, pasangan bakal calon dari unsur petahana Rahmat Effendi-Tri Adhiyanto saat ini hanya diusung oleh Golkar, PAN, Demokrat, PPP dan PKB sesuai formulir pendaftaran yang diterima oleh pihaknya.

Sedangkan parpol pendukung kedua pasangan itu di antaranya PKPI, Nasdem dan PDIP. “PKPI dan Nasdem tidak bisa dikategorikan sebagai pengusung Rahmat-Tri karena belum memiliki keterwakilan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi pada periode sekarang,” katanya.