TOPSHOT - An aerial view shows the earthquake and tsunami devasted neighbourhood in Palu, Indonesia's Central Sulawesi on October 1, 2018. - The death toll from the Indonesian quake-tsunami nearly doubled to 832 but was expected to rise further after a disaster that has left the island of Sulawesi reeling. (Photo by JEWEL SAMAD / AFP)

Jakarta, Aktual.com – Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher mengatakan DPR akan terus mendorong agar bantuan bagi korban gempa, tsunami dan likuifaksi Sulawesi Tengah (Sulteng) lebih cepat tersalurkan terutama ke pengungsi-pengungsi yang selama ini belum tersentuh.

“Kalau kita lihat kerusakannya luar biasa, karenanya DPR merasa perlu sungguh-sungguh mendengarkan aspirasi masyarakat Sulteng, terutama Palu, Donggala dan Sigi,” kata Ali Taher di Kantor Dinas Sosial Provinsi Sulteng di Palu, Kamis (11/10).

Hal pertama yang, menurut dia, harus dilakukan adalah respon darurat (emergency response) dengan terus mengirimkan bantuan sampai 14 hari ke depan.

Kedua, ia mengatakan membicarakan aspek anggaran 2019 untuk masa rekonstruksi dan rehabilitasi.

“Kita sengaja datang untuk bisa mendapatkan data yang valid mengenai berapa tingkat kerusakan, berapa yang kena korban, ini perlu diteliti kembali, kemudian kita akan bicara dengan Kementerian Sosial dan BNPB, Insya Allah akan ada upaya yang lebih cepat,” lanjutnya.

(Andy Abdul Hamid)