Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijaya optimis penanganan arus mudik lebaran tahun 2017 akan berjalan lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ia menjelaskan hal itu berdasarkan paparan yang telah disampaikan oleh beberapa instansi terkait yakni pihak Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dan Korlantas Polri.

“Beberapa antisipasi dan rekayasa sudah diatur agar kejadian pada tahun 2016 lalu tidak terulang kembali,” kata Novita saat mengujungi sejumlah titik termasuk memiliki peran penting dalam proses pelaksanaan dan penanganan arus mudik tahun 2017, di Brebes, Jawa Tengah, Kamis (15/6).

Baca Juga :  Komisi V DPR Pantau Pelaksanaan dan Pemanfaatan Dana Desa

Menurut dia, dengan segala persiapan yang telah dilakukan oleh pemerintah, Novita berharap kepadatan
arus mudik dapat terurai dan pelaksanaan angkutan Lebaran 2017 dapat berjalan dengan baik.

Senada dengan Novita, Anggota Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie juga mengatakan bahwa telah ada perbaikan dari sistem penanganan dan pengamanan arus mudik lebaran dari tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Korupsi "Dwelling Time", Jonan Siap Digeledah

“Tinggal bagaimana implementasi, sebab kemungkinan sekecil apapun harus diantisipasi. Kita sudah melihat beberapa persiapan dan antisipasi bila terjadi masalah, sarana dan prasarana juga sudah lebih baik,” papar Syarief.

“Diantaranya adalah dengan membuat posko-posko terpadu yang dilengkapi dengan fasilitasnya, termasuk penanganan bagi pemudik yang sakit atau masalah kerusakan kendaraan pemudik. Bahkan untuk kondisi yang sulit, maka bisa dilakukan evakuasi dengan menggunakan Helikopter Basarnas,” ucapnya.

()