Calon penumpang mulai memadati Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (19/6/2017). H-7 Lebaran, Terminal Kampung Rambutan mulai diserbu pemudik yang memilih pulang lebih awal agar dapat menghindari kemacetan. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Tidak bosan-bosannya DPR, khususnya Komisi V mengingatkan dan meminta kepada pemerintah Jokowi-JK untuk serius memperhatikan kenyamanan dan keselamatan kepada masyarakat muslim yang akan melakukan mudik dan lebaran tahun ini.

Penegasan tersebut utamanya disampaikan kepada stockholder yang berhubungan dengan tradisi mudik seperti Kementrian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Korlantas Kepolisian.

Menurut Wakil Ketua Komisi V Michael Wattimena, ketiga lembaga tersebut selaku pilar utama menjaga keselamatan dan kenyamanan para pemudik. Hal tersebut disampaikan Michael Wattimena saat melakukan kunjungan kerja spesifik untuk mengecek kesiapan prasarana mudik Lebaran 2017 keberapa wilayah pulau Jawa, seperti Tol-Cikarang Utama, Cikopo-Palimanan dan Pintu Tol Brebes Timur atau Brexit serta tol fungsional grinsing

“Ketiga lembaga tersebut sangat berkaitan dengan arus mudik dan juga selaku mitra kerja Komisi V DPR. Tentunya DPR berharap semua pihak berpadu satu untuk memperhatikan keselamatan dan kenyamanan para saudara muslim yang akan pulang kampung untuk bertemu dengan sanak saudara,” kata Michael Wattimena.

Politisi Partai Demokrat itu juga berharap kejadian yang memilukan mudik tahun 2016 di di Pinto Tol Brebes Timur terulang kembali hingga menewaskan para pemduik. “Tentunya segala persiapan harus berjalan dengan baik, seperti adanya sarana dan prasarana tempat istirahatan yang memadai, lintas perjalanan yang sudah rapih tidak berlubang, penerangan dan rambu-rambu jalan serta pengaturan lajur lalu lintas oleh pihak Korlantas berjalan dengan baik.”

(Wisnu)