Dua warga menembus hujan menggunakan payung di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Senin (30/11). BMKG memperkirakan puncak musim hujan di Jakarta diprediksi terjadi sepanjang Januari-Februari 2016. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pd/15

Jakarta, Aktual.com – menterian Kesehatan mengimbau agar masyarakat menjaga stamina tubuh agar tetap fit untuk mencegah terkena penyakit yang rentan pada musim hujan seperti dewasa ini.

“Tetap waspada apabila terjadi hujan lebat berkepanjangan. Selalu jaga kesehatan diri dan keluarga serta menjaga kebersihan lingkungan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemkes) drg Oscar Primadi dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (15/2).

Dia menuturkan stamina yang menurun akan rentan terkena penyakit. Terlebih penyakit yang biasa muncul di musim hujan di antaranya diare, leptospirosis, dan penyakit kulit.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Nila F Moeloek juga sudah memperingatkan masyarakat agar waspada terhadap ancaman penyakit apabila terjadi banjir di musim hujan.

Menkes menyebutkan bakteri yang berasal dari hewan akan mudah tertular ke manusia melalui air banjir yang terkontaminasi.

Berdasarkan data pantauan bencana banjir dari Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan (PPKK) Kementerian Kesehatan RI, selama Januari 2017 terpantau 64 lokasi banjir di semua wilayah regional di Indonesia.

Di wilayah regional Sumatera Utara terpantau 12 wilayah banjir, Sumatera Selatan tiga wilayah, DKI Jakarta enam wilayah, Jawa Tengah enam wilayah, Jawa Timur 17 wilayah, Bali enam wilayah, Sulawesi Selatan dua wilayah, Sulawesi Utara lima wilayah, Sumatera Barat lima wilayah, dan Papua satu wilayah.

Awal Februari ini, PPKK menerima laporan kejadian banjir dari berbagai kecamatan di seluruh Indonesia. Di antaranya banjir yang terjadi di Kecamatan Karang Asem, Bali, Kecamatan Banyuwangi, Blitar, Arosbaya Bangkalan, Pulau Madura, dan Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

 

Ant.

(Zaenal Arifin)
BAGIKAN