PEMERIKSAAN BUS MUDIK GRATIS

Jakarta, Aktual.com — Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mendapati buku uji dan kartu pengawasan palsu saat memeriksa bus pariwisata yang dimodifikasi interiornya menjadi ruangan pesta atau bus pesta.

“Kalau pemerintah daerah belum mengkaji, kami juga tidak akan merekomendasikan rancang bangun dari bus tersebut,” kata Pudji saat melakukan pemeriksaaan bus pesta di halaman Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Jumat (21/7).

Pudji Hartanto selanjutnya meminta pemda untuk memeriksa izin usaha bus tersebut. Kemenhub pada Rabu (19/7) menertibkan bus restoran dari Kota Bandung dan menertibkan bus pesta yang telah beroperasi di sekitar Jakarta.

Pada saat pemeriksaan, Pudji menemukan administrasi bus tidak sesuai, yakni pelat nomor yang tertera di STNK adalah pelat hitam, tetapi pada saat operasional menggunakan pelat nomor kuning. Selain itu, buku uji dan kartu pengawasan dari bus tersebut ditemukan palsu.

Adapun bus pesta atau yang lebih dikenal dengan Royale VIP Bus adalah sebuah bus pariwisata yang interiornya didesain khusus untuk melayani penumpang dengan suasana pesta.

(Wisnu)