Sejumlah siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jakarta Timur, nampak mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (3/4/2017). Siswa SMK Jakarta Timur 1, mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). UN tingkat SMA sederajat dilaksanakan hari ini hingga 6 April 2017. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Isian singkat dalam soal ujian nasional (UN) matematika untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA) sederajat hanya 10 persen dari soal.

Demikian disampaikan Kepala Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno, Selasa (13/2). “Isian singkat dalam soal UN Matematika hanya 10 persen dari soal. Misalnya soalnya 40, soal isiannya hanya empat,” ujarnya.

Terdapat perbedaan pelaksanaan UN 2018 dari tahun sebelumnya, di antaranya adalah soal isian singkat yang terdapat pada mata pelajaran matematika jenjang SMA/sederajat.

“Isian berbeda dengan esai, karena isian hanya berisi jawabannya saja. Sementara esai penjabarannya,” kata Totok.

Totok memastikan soal isian singkat tersebut tidak akan merepotkan peserta UN karena peserta hanya mengisi jawabannya saja di komputer. Sementara untuk peserta UN berbasis kertas pensil (UNKP) cukup menghitamkan bulatan di lembar jawaban komputer.

“Isian singkat ini mudah dan perlu diingat, isian singakt hanya berlaku untuk UN Matematika jenjang SMA/SMK dan Paket C,” jelas dia.

(Andy Abdul Hamid)