Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi jajarannya saat rapat kerja (raker) antara Polri dengan Komisi III DPR, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/6/2018). Kapolri mengusulkan anggaran untuk Polri dalam RAPBN 2019 sebesar Rp 126,8 triliun. Sebesar Rp 5 triliun dialokasikan untuk kegiatan pengamanan Pemilu 2019. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Poisil Tito Karnavian mengharapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar sarana bersepeda di ibu kota lebih ditingkatkan supaya serupa dengan jalur di Negeri Kincir Angin, Belanda.

Harapan itu disampaikan Tito dalam sambutannya saat membuka acara “Sepeda Nusantara 2018” di Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis pada 06.30 WIB.

“Pemerintah DKI Jakarta telah menyiapkan sarana untuk bersepeda. Harapannya agar sarana itu dibuat lebih baik agar (jalur yang ada) dibuat seperti di Belanda,” kata Tito kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang ikut mengayuh sepedanya ke kantor bersama ratusan peserta lainnya di PTIK, Kamis (9/8).

Bagi Tito, bersepeda merupakan upaya untuk mengurangi emisi karbon dan polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. “Kegiatan bersepeda ini merupakan langkah mendukung Jakarta Langit Biru (bebas polusi), mendukung Pak Sandiaga Uno,” terang Tito di halaman Gedung PTIK.

Sebelumnya di awal sambutannya, Tito menegaskan bahwa kegiatan bersepeda yang diadakan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) bersama pegiat naik sepeda ke kantor “Bike to Work” merupakan salah satu acara untuk memeriahkan dan menyambut Asian Games 2018 pada 18 Agustus sampai 2 September di Jakarta dan Palembang.

(Andy Abdul Hamid)