Surabaya, Aktual.Com-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengajak kepada para pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan Rumah Kreatif BUMN, sebagai wadah pamer produk-produk UMKM dimana mereka akan difasilitasi pemerintah yang ingin memperoleh hak paten dan sertifikasi halal.

“Rencananya di tiap Rumah Kreatif akan kami dorong ada sertifikasi halal. Tidak cuma Indonesia, tapi internasional karena marketnya sangat besar,” jelas Rini di Surabaya, Rabu, 11 Januari 2017.

Lebih lanjut Rini mengatakan dirinya berharap kepada Provinsi Jawa Timur dapat menjadi penggagas ekspor makanan halal ke berbagai belahan diseluruh dunia.

Luasnya peluang pengusaha UMKM Indonesia untuk ekspor produk makanan halal ke luar negeri, jelas Rini terlihat dari banyaknya produk makanan halal buatan Taiwan dan Korea Selatan.

“Ini bagaimana sih, Indonesia sebagai negara muslim terbesar seharusnya bisa mengeskpor produk pangan halal lebih besar dibandingkan negara lain,” harap Rini

Oleh karenanya kata Rini, selain menggandeng Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), pihaknya juga akan menggandeng sejumlah negara sebagai tujuan ekspor, seperti ekspor ke Saudi Arabia akan dihubungkan dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di sana.

“Kami yang menjadi jembatan karena UMKM sendiri tentu merasakan kesulitan,” pungkas dia.

(Dedy Kusnaedi)
BAGIKAN