Yerusalem, Aktual.com – Israel merupakan negara pertama yang telah menggunakan pesawat tempur siluman F-35 buatan Amerika Serikat dalam perang.

Demikian disampaikan Panglima AU Israel Mayor Jenderal Amikam Norkin pada Selasa dalam keterangan yang disiarkan laporan resmi militer melalui Twitter.

Lebih lanjut media setempat yang mengutip Mayjen Norkim yang berpidato di depan para panglima dari 20 pasukan AU asing yang bertemu di Israel melaporkan,”Kami menerbangkan pesawat F-35 di seluruh Timur Tengah dan sudah menyerang dua kali dua sasaran berbeda”.

Norkin juga memperlihatkan sebuah foto pesawat F-35 Israel terbang di atas ruang udara Beirut, kata media lokal. Pesawat tempur F-35 yang dibuat Lockheed Martin Corp, juga dikenal dengan nama “Joint Strike Fighter” dan di Israel diberi nama dalam bahasa Hebrew “Adir” (Perkasa).

Israel merupakan negara pertama di luar AS yang memperoleh F-35. Pada Desember 2016, Israel menerima dua pesawat pertama dari yang dipesan sebanyak 50. Menurut media Israel, sedikitnya sembilan pesawat telah dikirim sejauh ini.

(Andy Abdul Hamid)