Iran meluncurkan serangan balas dendam ke basis teroris di Provinsi Deir ez Zoir, Suriah. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Iran meluncurkan serangan balas dendam ke basis teroris di Provinsi Deir ez Zoir, Suriah dini hari waktu setempat dengan rudal balistik jarak menengah miliknya.

Dilansir dari Russian Today, Senin (19/6), rudal tersebut merupakan serangan balas dendam terhadap serangan di Teheran. Rudal yang ditembakkan Iran menghantam wilayah Kermanshah dan Kurdistan, Deir ez Zor.

Diduga rudal yang ditembakkan pada dini hari itu menghancurkan sebagian wilayah teroris dan menimbulkan kerusakan yang signifikan pada material.

Beberapa video terkait penembakan rudal yang berbahan bakar Zulfiqar padat tersebut telah banyak diunggah secara online.

Mantan Duta Besar Inggris untuk Suriab Peter Fohd mengatakan, serangan rudal Iran tersebut memiliki tujuan politik untuk menunjukkan pesan kepada musuh Iran.

“Secara militer, itu penting. Serangan tersebut tampaknya telah mendepak cukup banyak pasukan dan kepemimpinan ISIS. Tapi konsekuensi politiknya itu adalah yang terpenting. Arab Saudi akan mendapat sinyal nyaring dan jelas,” kata Ford.

[Agustina Permatasari]

(Ismed Eka Kusuma)