Pendukung Fransisco Guterres

Jakarta, Aktual.Com-Pada penghitungan suara sementara di Pilpres Timor Leste, Francisco Guterres, atau yang lebih dikenal dengan Lu-Olo, berhasil unggul dari calon-calon lain yang berlaga pada Pilpres yang digelar, Senin 20 Maret 2017.

Ini dia profil singkat Lu-Olo, calon presiden yang mendapat sokongan penuh dari Partai Fretilin dan CNRT, dua partai terbesar di Timor Leste.

Lu-Olo sendiri dikenal sebagai pejuang Timor Leste yang angkat senjata untuk membebaskan diri dari Indonesia dan berasal dari keluarga sederhana, sama seperti umumnya warga Timor Leste lainnya.

Pasca memisahkan diri dari Provinsi Indonesia ke 27 , hasil referendum 1999 yang menjadi dasar kemerdekaan Timor Leste, Lu-Olo kemudian mulai menekuni  dunia politik.

Bukan kali pertama Lu-Olo berlaga di Pilpres Timor Leste, sebelumnya pada 2007 dirinya bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Bumi Lorosae, tetapi dewi fortuna belum memihak kepada dirinya lantaran kalah saat digelar pemungutan suara putaran kedua.

Kenyataan pahit tak membuatnya dirinya kendor untuk bertarung, pada pemilihan presiden 2012 dirinya kemudian mencoba kembali peruntungannya, tetapi kalah suara dari presiden saat ini, Jose Maria Vasconcelos, yang juga dikenal dengan nama populernya, Taur Matan Ruak.

Untuk Pilpres kali ini Ruak sebagai pesaing utama Lu-olo tidak ikut ambil bagian dalam pilpres, tetapi Ruak dikabarkan lebih memilih menjadi perdana menteri setelah pemilu parlemen pada bulan Juli mendatang.

“Saya yakin bisa memenangkan pemilihan dalam satu putaran,” ucap Lu-Olo kepada para Media di Dili, hari Senin (20/03).

Kendati demikian sambung dia, dirinya akan menerima apa pun hasil pemilihan presiden kali ini.

Pada Pilpres 2017, disebutkan jika tak ada calon yang meraih 50% suara maka akan digelar pemungutan suara putaran kedua yang akan digelar pada bulan April.

“Saya ingin mengubah nasib warga di semua sektor, seperti kesehatan, pendidikan, dan kehidupan ekonomi yang berkelanjutan,” harap La-Olo.

Lu-Olo sendiri kini menjabat Presiden Partai Fretilin dan majunya Lu-Olo di pilpres kali ini mendapat sokongan dari Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao, atau yang juga dikenal memiliki kiprah sebagai mantan gerilyawan dan pemimpin CNRT yang memiliki pengaruh besar di panggung perpolitikan di Timor Leste.

(Dedy Kusnaedi)
BAGIKAN