Ketua DPR Bambang Soesatyo (tengah) Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiqurrahman Ruki (kiri) dan Ketua KPK Agus Rahadjo saat peluncuran buku 14 tahun KPK: Kumpulan Foto Perjalanan Pemberantasan Korupsi di Indonesia di gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (23/5/18). KPK meluncurkan buku foto 14 tahun KPK Yang Tercecer dikamar Gelap, dimana merangkum Kumpulan Foto Perjalanan Pemberantasan Korupsi di Indonesia di diabadikan oleh para Jurnalis Foto dan juga humas KPK. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengimbau para pemilih dapat menggunakan hak pilihnya secara bijaksana, yakni berpijak pada independensi, pikiran jernih dan penilaian obyektif pada setiap pasangan calon kepala daerah.

“Saya berharap, pilkada serentak tahun 2018 yang diselenggarakan di 171 daerah dapat memilih para pemimpin daerah yang memiliki kompetensi, paham manajemen birokrasi, berjiwa abdi masyarakat, visioner, bersih, dan jujur,” catat Bambang Soesatyo melalui pernyataan tertulisnya di Jakarta, Minggu.

Bambang Soesatyo, yang akrab disapa Bamsoet, mengatakan hal itu menanggapi penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Serentak 2018 yang diselenggarakan di 171 daerah di Indonesiapada Rabu (27/6).

Bamsoet juga berharap, pasangan kepala daerah yang terpilih nantinya dapat menempatkan diri sebagai figur pemimpin yang mengayomi seluruh masyarakat di daerahnya, dengan menanggalkan kepentingan pribadi dan kelompok.

“Masyarakat pemilih juga hendaknya dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana,” katanya.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu juga mengingatkan, agar para pemilih dapat mengutamakan rasionalitas dalam menggunakan hak pilih, karena yang dibutuhkan masyarakat adalah pemimpin daerah yang mau melayani, bukan dilayani.

“Pemimpin yang mau mengayomi semua elemen masyarakat setempat, dan paling tahu apa saja yang dibutuhkan daerah dan masyarakatnya,” katanya.

(Dadangsah Dapunta)