Laksamana Madya Widodo

Jakarta, Aktual.com-Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksamana Madya Widodo mengatakan kapal selam baru buatan Korea Selatan (Korsel( dengan nama Nagapasa 403, dijadwalkan bakal tiba di Indonesia Senin 28 Agustus 2017 mendatang dan merapat di Pangkalan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Surabaya.

“Estimasinya tanggal 28 Agustus sampai di sini. Langsung Surabaya. Sementara langsung Surabaya nanti mungkin diterima di sana,” jelas Widodo di Lapangan Bhineka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Minggu (13/8).

Sebelumnya diberitakan jika penamaan dan serah terima kapal selam tersebut telah berlangsung di Dermaga Okpo, Korea Selatan, Rabu (2/8) lalu dilakukan oleh CEO & Presiden Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Co Ltd, Jung Song-leep dan Menhan Ryamizard Ryacudu.

Kapal selam Nagapasa 403 kata dia bakal dilengkapi dengan torpedo “Black Shark” buatan Italia.

Diharapkan pada tahun 2018, Kapal Selam Nagapasa 403 sudah dapat beroperasi dengan kekuatan penuh.

KRI Nagapasa 403 sendiri sebagai kapal selam pertama yang diterima Indonesia dari tiga kapal selam yang dipesan.

Rencananya, kedua kapal dibuat di pabrik DSME, sedangkan satu kapal terakhir dibuat di Indonesia (PT PAL) sehingga diharapkan terjadi transfer teknologi dari Korsel.

Pembuatan kapal selam ketiga di PT PAL disebut sebagai produksi bersama. Sedangkan 9 dari 12 kapal selam yang dibutuhkan oleh Indonesia diupayakan pembuatannya di dalam negeri.

Nama KRI Nagapasa berasal dari senjata tokoh pewayangan Raden Indrajit berupa panah sakti dengan panjang 61,3 meter dan kecepatan 21 knot ini berawak sekitar 40 orang.

(Dedy Kusnaedi)
BAGIKAN