Hong Kong, Aktual.com – Harapan China untuk lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan mendapat hantaman serius, setelah gol pada fase akhir pertandingan dari Ahmed Al Saleh membawa Suriah menahan imbang pasukan Marcello Lippi dengan skor 2-2 pada Selasa malam.

Gol di babak kedua dari Gao Lin dan Wu Xi terlihat akan mengamankan kemenangan China setelah Mahmoud Al Mawas membawa Suriah memimpin pada menit ke-12, ketika ia mencetak gol dari eksekusi penalti.

Namun tendangan bebas melengkung Al Saleh menjelang pertandingan usai membuat kedua tim berbagi angka, dan menjadikan China tertinggal enam angka dari tim peringkat ketiga Uzbekistan dengan dua pertandingan tersisa, di mana kedua negara akan bertemu pada Agustus.

Baca Juga :  Walkot Semarang Diundang Pertemuan Forum Wali Kota di China

Dua tim teratas dari kedua grup Asia akan otomatis lolos, di mana Iran telah memastikan tempat mereka di putaran final pada Senin malam berkat kemenangan 2-0 mereka atas Uzbekistan di Tehran. Tim peringkat ketiga akan memainkan putaran playoff untuk memperebutkan spot tersisa dari Asia.

China kelihatannya akan tersingkir dari persaingan pada malam di mana presiden FIFA Gianni Infantino melakukan kunjungan ke Beijing untuk bertemu presiden Xi Jinping, ketika Al Mawas mengonversi eksekusi penalti setelah kiper Zeng Cheng menjatuhkan Fahd Youssef.

Tandukan Zhang Linpeng mengenai mistar gawang Suriah pada akhir babak pertama ketika China semakin frustrasi, namun pelanggaran terhadap bek Guangzhou Evergrande itu di babak kedua membuat Gao menyamakan kedudukan dari titik putih.

Baca Juga :  Sinyal Pemecatan Benny Dollo Semakin Kencang

Tujuh menit kemudian gelandang Jiangsu Suning Wu melepaskan sepakan voli untuk menjadi gol, yang membuat China kelihatannya akan menjadi pemenang sampai mereka kemasukan dari gol Al Saleh.

Jepang, sementara itu, terpaksa berbagi angka dengan Irak di Tehran untuk membuat mereka terpisah satu angka dari tiga tim teratas di Grup B, dengan dua pertandingan tersisa.

Jepang masih menguasai pucuk klasemen grup namun kini hanya unggul satu angka atas Arab Saudi dan Australia, setelah “Socceroos” dikalahkan pasukan Bert van Marwijk pekan lalu.

Baca Juga :  Delapan Orang Tewas Akibat Runtuhnya Kontruksi Bangunan di Monglia Dalam

Yuya Osako membawa Jepang memimpin pada pertandingan di Tehran ketika ia meneruskan bola tendangan sudut Keisuke Honda dengan sundulan kepala, namun kesalahan di lini belakang membuat Mahdi Kamil dapat menyamakan kedudukan untuk Irak yang sudah tidak memiliki peluang lolos dari kualifikasi.

Uni Emirat Arab membuang peluang untuk mendekati tiga tim teratas grup ketika mereka bermain imbang 1-1 pada pertandingan perdana di bawah asuhan Edgardo Bauza, di mana Ali Mabkhout mencetak gol larut pada pertandingan ini untuk membatalkan gol pembukaan Thailand yang dibukukan Mongkol Thosakrai. (ant)

()