Jakarta, Aktual.com – Diantara wasiat dan nasihat Imam Ad Darqawi, ialah tentang ajakan untuk percaya kepada Allah Swt dalam segala hal, khususnya perkara rizki.

Beliau berkata: “dua musuh yaitu hawa nafsu dan syaitan –semoga Allah Swt melaknatnya- keduanya tidak menyerang kita dari mana-mana segi, yang seperti masalah rizki. Dan Allah Swt telah bersumpah dengan DzatNya dalam Al Qur’an yang Hak: ” Seperti halnya apa yang kalian katakan” (QS. Ad Dzarriyat: 23).

Dan juga pada ayat lain: ” Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan shalat dan bersabarlah untuknya. Kami tidak pernah meminta rizki darimu. Kamilah yang memberikan rizki kepada kalian, dan akhir yang baik adalah bagi yang bertakwa”(QS. Thaha: 132). Dan masih banyak lagi ayat-ayat dalam hal ini. Pada hadits baginda Nabi SAW juga telah banyak membahasnya.

Seorang wali besar Abu Yazid Al Busthami Ra telah berkata: “Wajib bagiku untuk menyembahNya sebagaimana Ia memerintahkannya kepadaku, dan Ia akan memberi rizki kepadaku sebagaimana Ia menjanjikannya”.

Tidaklah Aku menyebutkannya kepada kalian, melainkan oleh sebab kekhawatiranku terhadap kalian, agar hal ini tidak menimpa kalian seperti telah menimpa kebanyakan orang. Kami telah melihat kebanyakan dari mereka yang memiliki sebab-sebab agama dan duniawi, akan tetapi mereka sangatlah takut kepada kefakiran.

(Andy Abdul Hamid)