Jakarta, Aktual.com – Diantara wasiat dan nasihat Imam Ad Darqawi, ialah tentang kebaikan hanyalah ada pada berdzikir kepada Allah Swt, dan menyibukkan diri dengannya melalaikan yang lain, serta zuhud terhadap dunia.

Beliau Ra berkata: ” Penyakit yang menimpa hatimu wahai murid, adalah semata-mata oleh sebab hawa nafsu yang telah menguasai dirimu. Maka jikalau saja kamu meninggalkannya dan menyibukkan diri dengan perintah Tuhanmu, maka penyakit itu tidak akan pernah menimpa hatimu.

Dengarkanlah apa yang akan saya katakan kepadamu –semoga Allah memberikan taufiqNya kepadamu- ketika kamu telah benar-benar dikuasai oleh hawa nafsumu, maka bergegaslah untuk melaksanakan perintah Tuhanmu, lawanlah kehendak hawa nafsumu, maka segala macam godaan hawa nafsu dan syaitan akan lari darimu, dan tentunya segalam macam bentuk cobaan.

Akan tetapi ketika hawa nafsu sudah menguasai dirimu, dan kamu telah mengatur segala cara untuknya, dan kamu sudah tenggelam di dalamnya, dan kamu telah ditunggangi oleh bisikan-bisikan syaitan dan hawa nafsu dengan bala tentaranya, serta telah menguasaimu, maka ketika itulah sudah tidak ada kebaikan bagi dirimu, yang ada hanyalah keburukan. Semoga Allah Swt menunjukkan jalan untuk kita dan kamu menuju jalan-jalan para walinya, amin
.
Syekh yang mulia sayidi waliyullah Ibnu Athaillah Ra di dalam kitab Hikamnya telah berkata: ” Ketika kamu tahu bahwa syaitan tidak pernah lupa kepada dirimu, maka janganlah pernah kamu lupa terhadap Dzat yang ubun-ubunmu berada digenggaman tanganNya”.

(Andy Abdul Hamid)