BAGIKAN
Awan hitam menggelayut di langit Jakarta, Jumay (11/11/2016). Kepala BMKG Andi Eka Sakya menyatakan, cuaca ekstrem yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia akan berlangsung hingga Februari 2017.

Jakarta, Aktual.com – Masyarakat diminta untuk mewaspadai hujan petir yang diperkirakan akan mengguyur sebagian wilayah Jabodetabek antara Selasa (21/3). Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geologi (BMKG), hujan petir yang diperkirakan terjadi antara siang hingga malam hari ini tersebar di wilayah daratan maupun kepulauan ibu kota.

Melalui situs resminya, BMKG memperingatkan masyarakat karena memprediksi hujan petir akan mengguyur Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor.

Pada beberapa wilayah seperti Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Bekasi, hujan petir ini bahkan diperkirakan akan dilanjutkan secara estafet dengan intensitas hujan yang lebih kecil hingga dini hari. Sedangkan wilayah lainnya diperkirakan akan diselimuti awan tebal pada dini hari.

Selain hujan petir yang mengguyur tujuh wilayah di atas, hujan dengan variasi hujan lokal hingga hujan ringan juga diperkirakan akan membasahi wilayah lainnya seperti Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat.

Sedangkan cuaca pada pagi hari di sebagian besar daratan ibu kota diperkirakan hanya berawan. Di area Jabodetabek, terhitung hanya Jakarta Utara, Kepulauan Seribu dan Bekasi yang diperkirakan dibasahi hujan pada pagi hari.
Laporan: Teuku Wildan

(Andy Abdul Hamid)