Halte TransJakarta Kampung Melayu yang sudah dioperasikan mulai ramai oleh penumpang. Sebelumnya, halte tersebut ditutup sementara karena terkena ledakan bom. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggratiskan layanan penumpang pada hari pertama uji coba Koridor 13 rute Tendean-Ciledug pada hari ini.

“Kebijakan ini hanya berlaku pada hari pertama uji coba saja. Kami ingin memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin mencoba mengakses Koridor 13,” kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di Jakarta, Minggu (13/8).

Baca Juga :  6.420 Pohon Bakau Ditanam DKP DKI

Menurut dia, uji coba layanan tersebut juga sekaligus sebagai sosialisasi kepada masyarakat bahwa pembangunan jalan layang khusus Transjakarta itu telah rampung.

“Uji coba itu juga sebagai persiapan operasional pada Senin (14/8) besok yang bertepatan dengan hari kerja dan tentunya akan ramai oleh penumpang Transjakarta,” ujar Budi.

Lebih lanjut, dia menuturkan layanan gratis di Koridor 13 Transjakarta pada hari ini menyediakan dua jenis rute, yaitu Ciledug-Tendean dan Ciledug-Ragunan.

Baca Juga :  Polisi: Ledakan Terjadi di Pool TranJakarta

“Namun khusus untuk layanan Ciledug-Ragunan hanya akan beroperasi pada hari ini. Layanan gratis di Koridor 13 ini dimulai pada pukul 09.00 hingga 19.00 WIB,” tutur Budi.

Dia mengungkapkan layanan yang disediakan di Koridor 13 rute Ciledug-Tendean sepanjang 9,4 kilometer itu, antara lain sejumlah bus, pengemudi, petugas layanan bus, petugas halte, serta mesin gate sebagai akses para penumpang.

Baca Juga :  Transjakarta 'Pamer' Bus Tingkat Pariwisata Gratis

“Kami optimistis Koridor 13 ini akan memudahkan, baik untuk warga Ciledug maupun Jakarta. Warga Ciledug yang beraktivitas di Jakarta atau sebaliknya akan terbantu dengan adanya koridor ini,” ungkap Budi.

(Ismed Eka Kusuma)