Panitia berusaha membaringkan hewan kurban yang akan disembelih di halaman Kementrian Sosial, Senin (12/9/2016). Hari Raya Idul Adha 1437 H yang dirayakan umat Islam itu ditandai dengan pemotongan hewan kurban.

Jakarta, Aktual.com – Kenaikan harga hewan kurban jenis sapi di wilayah Bandung menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah/2017 Masehi mencapai Rp1 juta hingga Rp2 juta per ekor sementara untuk kambing mengalami kenaikan antara Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per ekor.

“Harga hewan kurban mengalami kenaikan tiap tahunnya, dikarenakan biaya pakan dan perawatan yang mahal, warga sudah mulai ‘booking’ hewan kurban karena takut harga semakin mahal menjelang Idul Adha tahun 2017,” kata salah seorang pemilik peternakan hewan kurban di Bandung, Yana, Minggu (13/8).

Yana yang sudah menjalani usaha ternak hewan kurban selama 15 tahun ini mengatakan kenaikan harga hewan kurban tersebut dikarenakan biaya pakan dan perawatan yang mahal.

“Pengaruh naiknya harga hewan kurban itu berawal dari harga pakan dan perawatannya, bahan perawatan yang sudah mulai mahal, dan pakan yang susah didapatkan karena akses peternakan berada di kota,” kata dia.

“Dan di kota itu jarang petani yang menyuplai pasokan pakan bagi hewan kurban. Kisaran harga hewan kurban di Kota Bandung, ya tergantung lingkungan sekitar yang sama berdagang hewan kurban, kami ikut aja sama peternak lainnya,” lanjut dia.

Ia menambahkan, harga tidak terlalu bersaing dengan harga pasar di luar namun tergantung pembelian yakni jika ada orang yang mau memborong, harga hewan kurban di setiap peternak pasti mendapatkan potongan, meski tidak terlalu besar.

(Ismed Eka Kusuma)