Gorontalo, Aktual.com – Gempa dengan kekuatan 6 Skalam Ritcher (SR) telah mengguncang Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo pada Sabtu (15/7) malam. Berdasar situs bmkg.go.id, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG mengumumkan bahwa gempa ini terjadi pada 19.12 WIB atau 20.12 waktu setempat. Pusat gempa berlokasi di Teluk Tomini, 40 km barat daya Boalemo atau 49 km tenggara Pahuwoto, Provinsi Gorontalo, dengan kedalaman 100 km.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak dan melakukan analisis terkait gempa tersebut.

Selain Boalemo, Sutopo menyatakan bahwa gempa tersebut dirasakan di beberapa kota lainnya di Provinsi Gorontalo, seperti Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Pohuwato dan Kota Gorontalo. Lamanya gempa dalam semua wilayah tersebut dideteksi berkisar 3-7 detik.

“Terasa kuat di Kab. Gorontalo Utara sekitar 7 detik, warga sempat panik. Masyarakat merespon gempa dengan berlari keluar rumah,” kata Sutopo dalam siaran pers yang diterima redaksi Aktual.com Sabtu (15/7) malam.

(Wisnu)