Ilustrasi Gempa Bumi

Padang, Aktual.com  – Gempa sebesar 5, 5 Skala Ritcher (SR) menghantam wilayah Kabupaten Padang Sidempuan, Provinsi Sumatera Utara, Jum’at (14/7) pagi, sekitar pukul 08.25 WIB. Gempa yang terjadi selama 20 detik ini pun membuat warga Tapanuli Selatan panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri mereka.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini berpusat di darat dengan kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di 9 km Baratdaya Padang Sidempuan atau 25 km Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara.

“Gempa tidak berpotensi tsunami. Badan Geologi USA melaporkan gempa berkekuatan 5 SR dengan pusat di darat. Sumber gempa diperkirakan berasal dari sesar,” ujar Kepala Pusat Data Informas dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran pers yang diterima Aktual, Jum’at (14/7).

Berdasar informasi dari BPBD, Sutopo menyatakan, gempa ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Padang Sidempuan saja, melainkan juga membuat masyarakat yang tinggal di kota-kota lain, seperti Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Lawas Utara, panik dan berhamburan keluar rumah.

“Di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau gempa dirasakan sedang selama 10 detik. (Sedangkan) di Kota Medan, gempa tidak dirasakan,” imbuh Sutopo.

Hingga kini, Sutopo mengaku belum menerima laporan mengenai kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut. Intensitas gempa di pusat gempa sendiri, lanjutnya, berkisar antara sedang hingga kuat, yaitu V-VI MMI dengan sebaran tidak luas. Di Aekgodang IV MMI (ringan).

Sutopo pun menegaskan bahwa pihaknya akan terus memantau dampak gempa ini. Menurutnya, petugas BPBD dan aparat di wilayah gempa masih melakukan pemantauan dampak gempa di lapangan.

“Perkembangan dampak gempa akan disampaikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Laporan: Teuku Wildan

(Andy Abdul Hamid)
BAGIKAN