Pebulutangkis ganda campuran Korsel Choi Solgyu (kanan) dan Chae Yoo Jung (kedua kanan) melakukan selebrasi usai menang melawan ganda campuran Cina Lu Kai (kiri) dan Huang Yaqiong dalam final Piala Sudirman 2017 di Carrara Sport and Leisure Centre di Gold Coast, Queensland, Australia, Minggu (28/5). Korsel menjadi juara Piala Sudirman 2017 setelah mengalahkan Cina dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/aww/17.

Jakarta, Aktual.com – Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berhasil meraih gelar turnamen bulu tangkis level Super Series ketujuhnya untuk tahun 2017 usai menjuarai turnamen penutup musim di Dubai, Uni Emirat Arab, Ahad.

Dalam turnamen bertajuk BWF World Super Series Finals 2017 yang dilangsungkan di Hamdan Sports Complex, Dubai, Uni Emirat Arab itu, pasangan Indonesia berhasil menjadi kampiun usai mengalahkan pasangan China, Liu Cheng/Zhang Nan dengan skor 21-16, 21-18.

Laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Minggu, mencatat dengan hasil yang didapatkan Marcus/Kevin ini, secara keseluruhan, untuk tahun 2017 pasangan ini telah menjuarai All England, India Terbuka, Malaysia Terbuka, Jepang Terbuka, China Terbuka, Hongkong Terbuka, dan BWF Superseries Finals 2017 Dubai.

Yang artinya juga, mereka berhasil mencatat sejarah baru dengan meraih tujuh gelar Super Series dalam satu tahun kalender kompetisi, melebihi rekor ganda Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong, yang berhasil mengantongi enam gelar superseries dalam satu tahun kalender kompetisi.

Dalam pertandingan final turnamen berhadiah total satu juta dolar AS ini, Marcus/Kevin harus saling balas mengumpulkan poin dengan Liu/Zhang di awal gim pertama hingga jeda interval hanya berjarak satu angka 11-10 untuk pasangan Indonesia.

(Andy Abdul Hamid)