BAGIKAN
Pendukung Fransisco Guterres

Jakarta, Aktual.com – Calon Presiden Timor Leste nomor urut 2, Fransisco Fretelin atau yang dikenal dengan nama Lu Olo untuk sementara unggul dalam perolehan suara untuk Pemilihan Presiden Timor Leste yang digelar Senin 20 Maret 2017.

Berdasarkan hasil perhitungan sementara, calon dari Fretelin masih mengungguli kandidat lainnya dengan perolehan suara 60,96 persen suara atau 112.150 suara dari jumlah suara yang masuk untuk sementara sebesar 37,55 persen.

Pesaingnya yang juga memiliki dukungan massa yang banyak berada di urutan kedua perolah suara sebanyak yaitu Antonio de Conceicao dengan perolehan suara sekitar 29.29 persen atau 56.885 suara.

Dilansir dari BBC, Lu Olo mengatakan kepada wartawan bahwa dia optimis menang dalam satu putaran.

Diketahui, Fretelin terjun ke dunia politik pasca referendum 1999 tentang kemerdakaan Timor Leste.

Pada tahun ini, Fretelin mencalonkan diri sebagai untuk ketiga kalinya. Pada tahun 2007 dia mengikuti pilpres namun kalah ketika putaran kedua.

Tahun 2012, Fretilin mencalonkan diri lagi dengan lawan kandidatnya yaitu Jose Maria Vasconcelos atau Taur Matan Ruak.

Di tahun ini Ruak tidak mengambil bagian dalam pilpres namun diduga dia akan menjadi perdana menteri di pemilu parlemen Juli mendatang.

Selain Fretelin dan Conceicao,terdapat 6 kandidat lainnya. Dengan perolehan suara, Antonio Maher 1,85%, Amorin Viera 0,80%, Jose Neves 1,86%, Jose Luis Guterres 2,71%, Angela Fretas 0,82% dan Luis Alves Tilman 1,71%.

Pewarta : Agustina Permatasari

(Dedy Kusnaedi)