Petugas memeriksa kondisi kereta kelas ekonomi "New Image" sebelum dikirim di Stasiun Besar Madiun, Jatim, Kamis (30/6). PT Industri Kereta Api (PT Inka) mengirim satu rangkaian kereta api ekonomi (K3) yang terdiri 10 kereta penumpang dan satu kereta makan pesanan PT Kereta Api Indonesia ke Stasiun Manggarai Jakarta untuk digunakan sebagai kereta angkutan Lebaran 2016. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww/16.

Jakarta, Aktual.com – PT KAI adalah perusahan satu-satunya milik pemerintah yang menyediakan jasa transportasi kereta api. Sebagai penyedia jasa perkeretaapian Indonesia sudah seharusnya PT KAI menyediakan fasilitas-fasilitas untuk mendukung kenyamanan dan keamanan para pengguna jasanya.

Dalam sejarah perkeretaapian Indonesia, kata koordinator aksi Ubaidilah banyak problematika yang terjadi baik dari faktor keamanan dan kenyamanan penumpang, maupun faktor keselamatan yang kurang adanya perhatian dari pihak penyedia layanan jasa perkeretaapian dalam hal ini adalah PT KAI.

Tingginya korban jiwa dan kerugian sosial ekonomi akibat kecelakaan Kerta Api, katanya telah menyebabkan citra pelayanan dan manajemen perkeretaapian menurun. Kinerja keselamatan yang dikendalikan oleh Direktur Keselamatan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub yang bekerjasama dengan pihak penyedia jasa PT KAI semakin menjadi tuntutan dan perhatian sehingga perlu segera ditingkatkan.

“Penyebab tingginya kecelakaan kereta api merupakan akumulasi dari banyak faktor, diantaranya masalah regulasi, manajemen, kondisi sarana dan prasarana. Karena pelayanan adalah hal yang sangat menentukan kenyamanan masyarakat yang akan memepengaruhi minat masyarakat untuk memilih alat transportasi umum yang akan digunakan,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (19/6).

Apabila pelayan yang diberikan buruk, lanjutnya maka akan memperkecil minat masyarakat untuk menggunakan alat transportasi tersebut. Sementara jika pelayanan yang diberikan bagus, maka akan meningkatkan minat masyrakat. Pelayanan yang diberikan banyak berhubungan dengan dua aspek, yakni pelayanan internal dan pelayanan eksternal dari PT KAI.

(Wisnu)