Jakarta, Aktual.com – Komisi X soroti Standar Nasional Perguruan Tinggi Dalam rangka Kunjungan Kerja Panja Standar Nasional Pendidikan Tinggi Komisi X DPR RI mengunjungi Kota Balikpapan, Kalimantan Timur tepatnya di Aula Universitas Balikpapan, Kamis (15/6).

Dalam pertemuan tersebut hadir perwakilan dari Asisten Gubernur Kalimantan Timur bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Meliana, Koordinator Kopertis Universitas Balikapapan Idianur dan Asisten I Walikota Balikpapan Saiful Bahri. Selain itu hadir juga perwakilan dari PTN/PTS dan Politeknik yang ada di Balikpapan.

Ketua Tim Kunspek Komisi X DPR Ferdiansyah mengatakan, untuk memajukan Perguruan Tinggi (PT) tidak bisa diberikan kebijakan yang sama. “Tidak bisa universitas yang berakreditasi A disamakan kebijakannya dengan yang berakreditasi B karena memiliki kualifikasi dan tahapan tertentu. Nantinya penanganan terhadap universitas itu berbeda-beda,” ujar Ferdiansyah.

Menurut Ferdi, panggilan akrab Pimpinan Komisi X dari FPG ini, nantinya akan ada perlakuan khusus atau memihak terhadap PT agar tidak ada ketertinggal standar nasional pendidikan.

“Ini merupakan alasan Komisi X membentuk Panja Standar Nasional Perguruan Tinggi antara lain dimaksudkan untuk melihat masalah-masalah utama yang ada. Ini bertujuan agar tidak ada jarak standar nasional yang terlalu jauh antara Perguruan Tinggi di Indonesia,” kata politisi Dapil Jabar tersebut.

(Wisnu)