Paris, Aktual.com – Claudio Ranieri siap ditunjuk menjadi pelatih klub Liga Prancis Nantes empat bulan setelah dipecat oleh Leicester City, klub yang ia bawa untuk memenangi gelar Liga Inggris musim lalu.

Penunjukan Ranieri tertunda peraturan-peraturan operator Liga Prancis (LFP) yang melarang penunjukan pelatih di atas usia 65 tahun. Pria Italia ini akan berusia 65 tahun pada Oktober.

“Komite Hukum LFP, yang melakukan pertemuan pada 13 Juni 2017, memutuskan untuk mensahkan penandatanganan kontrak kepelatihan profesional antara Tuan Claudio Ranieri dan FC Nantes,” kata LFP pada pernyataan yang dirilis pada Selasa (13/6).

Kesuksesan Leicester untuk memenangi gelar Liga Inggris untuk pertama kalinya di bawah asuhan Ranieri disebut-sebut sebagai salah satu pencapaian paling layak dikenang di dunia olahraga, setelah tim itu sama sekali tidak diunggulkan pada awal musim.

Namun pria Italia itu dipecat sembilan bulan setelah mengangkat trofi, di mana Leicester mengapung di atas zona degradasi menyusul hasil-hasil yang tidak konsisten.

Ranieri juga pernah melatih klub Prancis Monaco, klub-klub Italia Napoli, Fiorentina, Juventus, AS Roma, dan Inter Milan, Klub Inggris Chelsea dan klub-klub Spanyol Valencia dan Atletico Madrid.

Nantes finis di peringkat ketujuh Liga Prancis musim lalu, dan pelatih Sergio Conceicao meninggalkan posisinya pada bulan ini setelah mengambil alih posisi arsitek tim di klub Portugal Porto. (ant)

(Soemitro)