Fadli Zon

Jakarta, Aktual.Com-Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mendesak pemerintah agar adanya optimalisasi dialog dengan para petani Rembang terkait pembangunan PT Semen Indonesia Kendeng Rembang, Jawa Tengah.

Terlebih, sambung Fadli Mahkamah Agung (MA) sudah memenangkan para petani atas gugatan peninjauan kembali (PK).

“Saya kira mestinya tidak perlu terjadi langkah (aksi) ┬áseperti itu. Apalagi menurut berita mereka juga sudah memenangkan (di pengadilan) itu harus ada keadilan prinsipnya. Pemerintah harus mengoptimalkan proses dialog dan juga kepuasan dari masyarakat khususnya petani di Kendeng itu,” kata Fadli di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (21/3).

Sementara itu, ketika ditanyakan apakah kemudian harus dihentikan pembangunan pabrik di Jawa Tengah tersebut. Politikus Gerindra itu mengatakan kemajuan tetapi tanpa melanggar nilai-nilai kemanusian.

“Kita kan tidak menolak juga adanya kemajuan, tapi dalam proses pemberian kompemsasi kah atau wilayahnya atau operasionalnya dimana dan sebagaimana itu harusnya betul-betul persoalan dengan masyarakat selesai tuntas baru bisa dilanjutkan, harusnya demikian jadi penghargaan kepada manusia itu tinggi,” sebut dia.

Masih dikatakan Fadli, dirinya juga mendengar bahwa pembangunan pabrik semen merusak sumber air, artinya ada yang tidak beres dalam kelengkapan dokumen analisis dampak lingkungannya.

“Justru itu awalnya kita mendengar ini dari sisi Amdal ada masalah dan karena itu lah masyarakat bisa memenangkan itu. Karena memang ada persoalan yang menyangkut lingkungan,”tandasnya.

Pewarta : Novrizal Sikumbang

(Dedy Kusnaedi)