Jakarta, Aktual.com – DPR RI meminta Pemerintah khususnya Kemenristek Dikti untuk dapat mengatasi adanya disparitas atau kesenjangan mutu pembelajaran, sehingga dapat mendorong produktivitas dan Inovasi Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Pasalnya, banyak PTS yang saat ini masih tertinggal standar nasional pendidikannya dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) khususnya di wilayah luar Pulau Jawa. Karena itu di PTS.

Banyaknya PTS yang ada di Indonesia menjadi alasan mengapa standar nasional pendidikan belum dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Selain itu yang juga menjadi persoalan adalah banyaknya program studi (prodi) yang tidak diterima di masyarakat.

“Kita memiliki sejumlah persoalan terkait hal ini. Memang jumlah Universitas di Indonesia terlalu banyak rasionya, ini yang membuat kualitas jadi terbatas, ” ujar anggota Tim Kunjungan Kerja Panja Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI) Ledia Hanifa di Balikpapan, Kamis (15/6).

Politisi PKS tersebut meminta kepada PTS untuk menyesuaikan diri dengan sistem nasional Perguruan Tinggi (PT), karena dengan itu secara umum akan meningkatkan kualitasnya. Agar nantinya juga dapat melahirkan lulusan yang berkualitas.

(Wisnu)