BAGIKAN
Lambang DPR (istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi VIII DPR Rahayu Saraswati Dhirakarya Djojohadikusumo mengatakan pendidikan politik menjadi dasar adanya generasi penerus dalam perpolitikan.

Menurutnya, politik bukanlah hal yang opsional, melainkan harus ada demi berjalannya demokrasi yang baik dan maju. Pendidikan politik pun bukan hanya diperuntukkan bagi kalangan yang ingin terjun ke dunia politik, tapi untuk semua warga negara Indonesia.

“Pendidikan politik sangat penting. Supaya sistem demokrasi lebih maju, sehingga kita tidak sering di adu domba setiap ada pemilihan umum. Dengan pendidikan politik, ada kepekaan tentang bagaimana sistem itu bisa membantu berjalannya negara,” jelas Rahayu usai menerima puluhan delegasi pertukaran pelajar Tiongkok dan Indonesia yang tergabung dalam Foreign Policy Community of Indonesia, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (20/4).

Untuk itu, tambah Politisi Fraksi Gerindra itu, pihaknya sangat terbuka menerima dan menyambut baik kehadiran masyarakat di DPR. Hal itu menjadi representasi wakil rakyat yang menerima masukan dari masyarakat.

Perempuan yang akrab disapa Sara ini mengaku senang melihat antusias generasi muda kedua negara yang menjalin hubungan cukup baik. Dengan hadir di DPR, mereka dapat melihat secara langsung mekanisme dari pemerintahan dari setiap negara.

(Nebby)