Jakarta, Aktual.com – Jakarta serta wilayah di sekitarnya dalam beberapa hari terakhir dan beberapa hari mendatang akan terasa berbeda sekali dengan biasanya. Kota yang padat penduduk dan beragam aktivitas mewarnai wilayah Jakarta dan sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi terpantau landai.

Lalu lintas yang biasanya padat dan sebagian selalu macet menjadi salah satu ciri keseharian di wilayah-wilayah yang dikenal dengan Jabodetabek kini cenderung lengang dan lalu lintasnya lancar, karena sebagian penghuninya telah mudik ke kampung halaman.

Bebondong-bondong para pemudik memadati terminal bus, stasiun kereta api, kapal api dan bandara untuk mudik. Itulah sebabnya, kondisi arus lalu lintas pada sejumlah jalan protokol wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya Senin (11/6) atau hari pertama cuti bersama relatif dalam keadaan lebih lancar dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Dari Ciputat menuju ke kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat misalnya, hanya perlu waktu sekitar 35 menit. Padahal pada hari-hari biasa bisa mencapai hingga sekitar 1,5 jam. Sejumlah jalan yang terpantau relatif lebih lancar dibanding hari biasa, antara lain adalah Jalan Sudirman, Jalan S Parman dan Jalan MH Thamrin.

Begitu pula dengan informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya yang menyampaikan bahwa situasi lalu lintas seperti di Kilometer 19 rest area arah Cikarang dan Simpang TI Kalimalang Bekasi Cyber Park terpantau ramai lancar.