Aiptu Sunaryanto diberikan penghargaan atas keberhasilannya menggagalkan aksi penyanderaan terhadap ibu dan anak di Jakarta Timur. (istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyematkan pin emas kepada Aiptu Sunaryanto sebagai penghargaan atas keberhasilannya menggagalkan aksi penyanderaan terhadap ibu dan anak di Jakarta Timur.

“Pemberian penghargaan kepada Aiptu Sunaryanto ini karena menurut saya tindakan diskresi yang dilakukan Aiptu Sunaryanto tepat,” kata Tito di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (21/4).

Baca Juga :  Ahli dan KPK Tak Hadir, Alasan Polri Tunda Gelar Perkara Kasus Komjen BG

Tindakan diskresi adalah kemampuan menilai sebuah peristiwa dan kemudian mengambil opsi tindakan yang tepat dalam rangka menjamin keselamatan masyarakat.

Menurut dia, tindakan diskresi ini merupakan kewenangan yang melekat pada seluruh anggota polisi di dunia termasuk anggota Polri.

Tito mengakui bahwa menentukan tindakan diskresi yang tepat tidak mudah. Untuk bisa memiliki kemampuan diskresi yang tepat, seorang polisi memerlukan pelatihan dan pengalaman di lapangan.

(Nebby)