Sejumlah seniman melukis mural di gedung RRI, Jakarta, Kamis (24/8/2017). Kegiatan tersebut berlangsung dalam rangka menyambut Asian Games 2018 yang dilaksanakan di dua Provinsi Jakarta dan Palembang. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Salah satu acara membakar semangat even Asian Games 2018, pemerintah bersama sponsorship telah mempersiapkan serangkaian acara dengan artis terkenal. Salah satunya kirab obor Asian Games yang akan dibawa dari New Delhi India dan akan dibawa mengelilingi 35 kota di Indonesia selama sebulan penuh.

“Obor ini memberikan arti yang besar dalam membakar semangat Asian Games 2018 sekaligus mengenalkan pariwisata di Indonesia. Api abadi akan diambil dari New Delhi India pada 15/7 kemudian start dari Jogjakarta pada 18/7 dan akan melewati 35 kota di Indonesia selama sebulan,” ujar Sekretaris Jenderal Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) Eris Herryanto di Jakarta, Rabu (11/7).

Pelaksanaan kirab sepanjang satu bulan tersebut sampai di Jakarta tepat pada 18 Agustus 2018 atau persis pada saat pembukaan Asian Games di Jakarta. Pelaksanaan Asian Games XVIII berlangsung sampai dengan 2 September 2018 pada dua kota yakni Jakarta dan Palembang.

Dalam kesempatan tersebut, Samsung menunjuk dutanya seperti Dian Sastrowardoyo, Mikha Tambayong, Hamish Daud dan Chicco Jerikho. Selain itu, ada nama-nama seperti Vidi Aldiano, Adipati Dolken, Nicholas Saputra, dan Agus Ringgo.

“Suatu kebanggaan duta Samsung mendapatkan kepercayaan sebagai pembawa obor Asian Games 2018. Mereka adalah insan yang tidak henti mengoptimalkan teknologi dan memberikan inspirasi bagi yang lain. Kami mengajak mereka untuk menggelorakan semangat untuk seluruh Asia sebagai pembawa obor api abadi Asian Games 2018,” jelas KangHyun Lee, Vice President Samsung Electronics Indonesia.

Salah satu alasan penunjukkan artis ini karena mereka merupakan publik pigur yang memiliki banyak follower. Apapun yang mereka kerjakan, banyak diikuti oleh folowernya. Diharapkan semua masyarakat ikut menyemarakkan even Asian Games. Jika ingin hidup secara sehat, maka olahraga menjadi kebutuhan. Sangat mubazir pemerintah membangun infrastrukut yang mahal kalau tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Artis Dian Sastro merasa senang dan bangga karena turut serta menjadi bagian pembawa obor Asian Games. Saat ini, dirinya sedang meningkatkan intensitas olahraga lari dan meningkatkan stamina.

“Sebagai orang awam yang baru memulai hidup sehat, ini adalah langkah positif. Untuk mendukung dan memantau olahraga yang benar, saya menggunakan fitur yang ada di Ponsel Samsung. Saya juga bisa share langsung lewat sosial media,” ujar Dian.

(Ismed Eka Kusuma)