Jakarta, Aktual.com – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menerapkan sistem zonasi di Equestrian, Pulomas untuk mencegah terjadinya penularan virus terhadap kuda-kuda yang akan berlaga dalam Asian Games 2018.

“Sebagai langkah untuk mengantisipasi penularan virus hewan terhadap kuda-kuda yang akan digunakan saat Asian Games, kami melakukan pembagian zonasi di Equestrian,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI Sri Hartati di Jakarta, Senin (16/7).

Untuk mencegah penularan virus tersebut, menurut dia, pihaknya membagi zona di Equestrian atau arena pacuan kuda yang berlokasi di Pulomas, Jakarta Timur itu menjadi tiga zona, yakni Core Zone, Surveillance Zone dan Protection Zone.

“Tiga zona tersebut diterapkan mulai dari kawasan Pulomas sampai Jabodetabek. Untuk core zone, kami melarang sepenuhnya keberadaan kuda-kuda lain selain kuda peserta Asian Games dalam radius 8 hingga 10 kilometer dari equestrian,” ujar Sri.

Kemudian, katanya, di surveillance zone, pihaknya masih mengizinkan keberadaan kuda-kuda lain yang bukan peserta Asian Games, namun masih tetap dalam pengawasan ketat oleh Dinas KPKP DKI Jakarta.

(Andy Abdul Hamid)