Jakarta, Aktual.com — Seiring dengan bertambahnya usia, keriput muncul dan kulit manusia akan kehilangan kemilau alaminya. Selama proses penuaan, kulit kehilangan elastisitas dan ini mendukung munculnya kerutan pada kulit.

Namun, nampaknya ada alasan substansial yang menyebabkan penuaan pada kulit yang cepat timbul.

Penuaan kulit secara dini merupakan hasil dari aktivitas radikal bebas berlebihan yang secara langsung terkait dengan tubuh. Radikal bebas yaitu, molekul yang dihasilkan karena paparan lingkungan seperti merokok dan radiasi sinar Ultraviolet (UV).

Paparan radiasi UV menimbulkan banyak perubahan pada kulit. Radiasi UV menyebabkan kerusakan kulit dan kolagen, yang mengarah pada pembentukan radikal bebas.

Lantas, bagaimanakah cara yang terbaik untuk melindungi kulit Anda? Ternyata, antioksidan dapat melindungi kulit Anda ketika mereka mencoba untuk membatasi radikal bebas yang merusak sel-sel.

Berikut ini yaitu, enam cara di mana antioksidan dapat membantu kulit Anda, demikian dijelaskan laman Boldsky.

1. Mempertahankan antioksidan pada kulit
Cara ini bisa membatasi tanda-tanda penuaan dengan melestarikan tekstur kulit Anda. Anda dapat menemukan zat ini dalam buah-buahan dan sayuran segar yang kita konsumsi secara teratur.

Baca Juga :  Sayuran dan Buah Warna Merah Baik untuk Kesehatan

Hal ini juga ditemukan dalam daging, minyak kedelai dan kacang tanah. Antioksidan dapat membalikkan efek usang dan penuaan kulit. Selain itu, juga membantu warna kulit silang sekaligus meremajakan penampilannya.

2. Mengurangi kerutan
Anda mungkin tidak bisa menghentikan penuaan, tapi kita bisa meminimalkan keriput muncul di kulit kita. Ada beberapa produk perawatan kulit dengan kandungan antioksidan yang dapat mengurangi kerutan.

Beberapa produk pencerah kulit tentunya akan membuat Anda terlihat lebih muda. Sumber antioksidan yang dapat membantu kulit Anda terlihat muda yaitu bayam, blueberry, cranberry, kenari dan buah plum.

3. Melindungi kerusakan kulit dari sengatan Matahari
Kerusakan kulit Anda akibat sinar Matahari umumnya sering terjadi karena paparan konstan sinar matahari dan komponennya seperti radiasi UV, sehingga kulit akan terbakar.

Bahkan, bisa menembus sel serta meningkatkan jumlah radikal bebas yang merusak, terutama spesies oksigen reaktif. Oksigen reaktif ini akan rusak karena mereka cenderung membahayakan DNA dalam sel.

Baca Juga :  Pasien Kanker Payudara di Indonesia Mayoritas Stadium Lanjut

Namun demikian, antioksidan dapat mengimbangi dan menetralkan kerusakan inti dalam sel. Antioksidan berguna untuk merangsang aliran darah ke dalam kulit dan dapat mendorong pertumbuhan sel-sel baru yang pada akhirnya membuat kulit rusak, bisa tampil muda. Ini adalah salah satu dari enam cara di mana antioksidan dapat membantu kulit Anda.

4. Mengurangi Jerawat
Hampir 70 persen dari remaja dan orang dewasa memiliki jerawat. Ada cara dasar untuk mengobati bekas jerawat dengan menggunakan antioksidan.

Antioksidan yang terkandung dalam produk kosmetik (pembersih dan pelembab), diet dan suplemen dapat memudarkan bekas luka. Makanan diet dengan antioksidan dapat membantu mencegah dan membantu mengobati jerawat pada bagian jaringan parut.

Antioksidan meningkatkan darah ke jaringan parut yang akhirnya mengurangi noda dan memberikan kontribusi untuk menciptakan kulit baru.

5. Produk perawatan anti-inflamasi
Jika Anda menemukan anti-inflamasi yang sempurna, maka antioksidan yang ditemukan dalam produk perawatan kulit tersebut dapat dengan mudah meminimalkan peradangan.

Mengurangi peradangan dapat menjaga jerawat dan keriput di tepi kulit. Zat yang terkandung dalam kopi dan buah berry berkhasiat mencegah kerusakan kolagen.

Baca Juga :  Seperti Ini Tanda Anda Alami Gangguan Kesehatan

Ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Banyak antioksidan dapat membantu kulit Anda karena mereka memberikan tindakan anti-inflamasi alami yang menghasilkan sirkulasi dan metabolisme sel.

Astaxanathin dan beta karoten dengan vitamin E dianggap sebagai kombinasi antioksidan yang paling dominan yang dapat membantu untuk menjaga kulit dari spesies oksigen yang reaktif.

6. Kulit bersinar
Makanan yang biasa ada di dapur rupanya dapat membantu anda dalam menjaga kulit agar lembut, bercahaya dan halus. Makan segenggam almond sehari-hari dapat meningkatkan kadar vitamin E.

Ini adalah salah satu antioksidan yang paling penting untuk kesehatan kulit. Menerapkan pelembab almond dapat menjadi keuntungan untuk kulit yang rentan kering.

Menggunakan almond secara teratur pada kulit adalah salah satu cara terbaik untuk memperbaiki kerusakan.

Di atas adalah beberapa tips dari enam cara di mana antioksidan dapat membantu menjaga elastisitas kulit Anda.

()