Jakarta, Aktual.co — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) hingga Rabu sore.

“Potensi hujan lebat disertai kilat diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB,” kata Kabid Informasi Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab di Jakarta, Rabu (31/12).

Peringatan dini cuaca Jabodetabek yang dikeluarkan BMKG menyebutkan pukul 12.30 WIB potensi hujan lebat disertai petir di wilayah Tangerang, Cengkareng, Serpong, Pamulang, Ciputat, Pondok Cabe, Bintaro, Pondok Aren, Ciledug.

Kondisi tersebut masih akan berlangsung hingga pukul16.00 WIB dan meluas ke wilayah Meruya, Kembangan, KebonJeruk, Palmerah, Tomang, Grogol, Kebayoran, Cinere, Depok dan sekitarnya.

Saat ini pantauan di wilayah Pondok Kopi Jakarta Timur cuaca juga mendung dan sempat hujan ringan.

BMKG memprediksikan puncak musim hujan khususnya wilayah Jawa dengan curah hujan lebih dari 400 mm per bulan akan berlangsung pada Januari dan Februari 2015.

Meski puncak musim hujan diperkirakan baru akan terjadi pada Januari dan Februari mendatang, namun saat ini sebanyak 96 persen dari dari 342 zona musim (ZOM) sudah masuk musim hujan.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Andy Abdul Hamid