Mendung hitam dan hujan deras menerpa Jakarta,senin(9/10/2017). Dalam sepekan terakhir, wilayah Jakarta dan sekitarnya sering diguyur hujan sebagai tanda memasuki musim penghujan. Menurut prakiraan Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dari 324 zona musim di Indonesia sebanyak 131 zona akan memasuki musim hujan di bulan oktober ini. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meramalkan mendung akan menjadi kondisi dominan pada ini hari Kamis (12/10).

Seperti yang dilansir dari bmkg.go.id, BMKG menyebutkan kondisi mendung akan terjadi sejak Kamis pagi. Setidaknya terdapat lima wilayah yang diprwdksi diselimuti awan tebal, empat wilayah lainnya dalam kondisi berawan dan satu wilayah dibasahi hujan ringan pada Kamis pagi di Jabodetabek.

Lima wilayah yang berpotensi berawan tebal adalah Bekasi, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Sedangkan cuaca berawan diperkirakan menaungi Jakarta Barat, Bogor, Depok dan Tangerang.

Baca Juga :  Pakar ITB Kritik Konsep Ahok Tangani Banjir Jakarta

Sementara itu pada waktu yang sama, hujan ringan akan turun di Kepulauan Seribu di saat awan menyelimuti wilayah daratan Jabodetabek.

Memasuki Kamis Siang, benih-benih hujan pada pagi hari pun telah beralih menjadi hujan di seluruh wilayah daratan Jabodetabek. BMKG menyebut bahwa hujan ringan berpotensi turun di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Tidak hanya itu, BMKG bahkan memprediksi adanya potensi hujan petir yang disertai angin kencang di sejumlah wilayah metropolitan ini.

Baca Juga :  Berikut Data Lengkap Hasil Operasi Polisi di Kalijodo

“Waspadai potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jaktim, Jaksel, Jakbar, Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor antara siang dan menjelang malam hari,” demikian peringatan BMKG kepada masyarakat seperti yang dilansir dari bmkg.go.id.

Sementara hujan turun di daratan Jabodetabek, Kepulauan Seribu hanya diselimuti awan tebal pada Kamis siang.

Beranjak malam, kondisi yang lebih tenang diperkirakan akan menaungi Jabodetabek. Hal ini dikarenakan adanya potensi awan tebal disebut BMKG akan menyelimuti separoh dari wilayah yang ada di Jabodetabek, yaitu Bekasi, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Baca Juga :  Ini Kata Wagub Djarot Soal Pemeriksaan Ahok di Bareskrim

Selain itu, BMKG juga menyebut adanya potensi berawan di kawasan Depok pada Kamis malam. Sementara itu, sisa wilayah lainnya diperkirakan akan dibasahi oleh hujan ringan.

Secara keseluruhan di kawasan Jabodetabek akan diiringi oleh udara yang cukup sejuk dengan rata-rata suhu udara yang berkisar pada interval 22-31 derajat Celcius dan tingkat kelembaban antara 70 hingga 95 persen.
Pewarta : Teuku Wildan A.

(Dedy Kusnaedi)
BAGIKAN