Gorontalo, Aktual.com-Banjir menerjang ratusan rumah yang terletak di empat desa di Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Sehingga menyebabkan 1.215 warga dari empat desa mengungsi.

“Akibat hujan deras selama 2 Jam pada hari Jumat (12/1) sejak pukul 16.00 WITA sehingga sungai meluap dan menimbulkan banjir,” jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (13/1).

Keempat desa yang terendam banjir kata dia yakni Desa Harapan, Desa Mutiara, Desa Mekarjaya, Desa Mustika. Ketinggian air dan debit banjir di tiap desa mengakibatkan ratusan rumah terendam.

“Desa Mutiara 75 Unit rumah terendam dengan tinggi muka air (TMA) mencapai 90 cm, Desa Mekarjaya 20 Unit rumah terendam dengan TMA mencapai 60 cm dan 1 Unit jembatan umum rusak, Desa Mustika 25 Unit rumah terendam dengan TMA mencapai 100 cm dan Desa Harapan 350 Unit rumah terendam dengan TMA mencapai 150 cm dan tanggul jebol dengan panjang 20 meter,” urai Sutopo.

Sesuai hasil monitoring BPBD Kab. Boalemo, debit banjir berangsur surut. Upaya penanganan juga telah dilakukan dengan memberikan bantuan makanan kepada desa-desa terdampak banjir.

“BPBD setempat telah memberikan bantuan 115 nasi bungkus kepada warga Desa Mustika. Kondisi terkini banjir mulai berangsur surut,” kata Sutopo.

(Dedy Kusnaedi)